Tuesday, April 16, 2013

Sehat, Bersih dan Cegah Hipertensi Bersama RBG Rumah Zakat Semarang

SEMARANG – Peringatan Hari Kesehatan Sedunia (HKS) tahun 2013 yang diusung RBG Rumah Zakat Cabang Semarang berlangsung meriah, Ahad (14/04) lalu. Dipusatkan di RW 10 Kelurahan Plamongansari Kecamatan Pedurungan, ratusan warga tampak antusias ikut berpartisipasi dalam rangkaian acara kegiatan tersebut. Kegembiraan warga terlihat meski acara yang diselenggarakan relatif menguras tenaga.
Acara dimulai dengan melakukan senam aerobik massal. Dilanjutkan dengan jalan sehat mengelilingi wilayah RW 10 Plamongansari. Yang berbeda dalam aksi jalan sehat ini adalah adanya kompetisi pemungutan dan pengumpulan sampah di sepanjang jalur yang dilalui. Panitia pun telah menyediakan hadiah menarik bagi peserta yang mengumpulkan sampah paling banyak. Tak ketinggalan, panitia juga membagikan paket gizi bagi seluruh peserta.
Selain kegiatan tersebut, peserta juga diberi edukasi mengenai bahaya penyakit Hipertensi oleh dr. Bambang Sudirmanto, Kepala Klinik RBG Semarang. Beliau menyebutkan bahwasanya gaya hidup manusia modern menjadi salah satu pemicu besarnya kasus Hipertensi. “Ubah perilaku kita menjadi lebih sehat, agar resiko hipertensi semakin menjauh,“ sarannya. Tak ketinggalan pemeriksaan tensi gratis turut pula menjadi pelengkap acara tersebut.
RW 10 Kelurahan Plamongansari merupakan wilayah binaan dari RBG Rumah Zakat yang telah rutin mendapatkan manfaat dari program-program Rumah Zakat. Adapun Lurah Plamongansari Eko Fitri Ariyanto sangat menyambut gembira adanya kerjasama ini. “Semoga ke depan masyarakat Plamongansari bisa diberdayakan,” ujarnya.

No comments:

Post a Comment