Tuesday, April 16, 2013

Peringati HKS Ke-65, Rumah Zakat Kediri dan cita sehat Gelar MEDIKASI



Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Sedunia ke-65 tahun 2013, pada hari Minggu (14/4) telah berlangsung  acara Minggu Edukasi Kesehatan dan Sosial (Medikasi) yang digelar oleh Rumah Zakat cab. Kediri dan didukung oleh Dinas Kesehatan Kota Kediri, Bank BTN, Radio Joyoboyo, PT Askes, Ahass Barokah Motor, Bio Activa, dan Kalbe.  Acara yang berlangsung sejak pukul 05.30 – 10.30 WIB mengambil tempat di halaman Dinas Kesehatan Kota Kediri, Jalan Kartini 7, Kota Kediri. Kegiatan Medikasi menyongsong tema peringatan Hari Kesehatan Sedunia “Kontrollah Tekanan Darah Anda”.
Acara yang diselenggarakan gratis ini mempunyai banyak rangkaian acara diantaranya, jalan sehat, pesta buah, penyuluhan, dan pelayanan kesehatan. Medikasi ini diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat, mulai dari pelajar, mahasiswa, masyarakat umum, kader kesehatan dan karyawan kantor Kota Kediri, dalam kesempatan ini terlayani 1774 penerima layanan manfaat. Turut hadir pula dalam Minggu Edukasi Kesehatan dan Sosial,  Walikota Kediri dr. Samsul Ashar, Sp.PD, Anggota DPRD Kota Kediri, Pejabat Dinas Kesehatan, Camat Kota Kediri, Danramil I, Kapolsek Kota, dan tamu undangan dari berbagai institusi. Acara dibuka dengan dengan sambutan Walikota Kediri dan pemberangkatan jalan sehat sebagai awal acara.<p>Route Jalan Sehat menempuh jantung Kota Kediri dengan pengawalan Kepolisian. Uniknya, peserta jalan sehat diberi tantangan memungut sampah di jalan, dan 10 penimbang berat sampah terberat mendapatkan doorprice. Aksi nyata ini sebagai upaya edukasi langsung untuk peduli terhadap sampah.
Sesampainya kembali di halaman Dinas Kesehatan, peserta jalan sehat dimanjakan dengan pesta buah sesuai dengan anjuran menjaga tekanan darah, makanlah sayuran dan buah-buahan. Adapun buah-buahan yang disajikan yakni kurma, pisang, semangka, papaya, dan melon. Tak hanya sampai disitu, peserta Medikasi dimanjakan dengan pemeriksaan kesehatan gratis, terutama cek tekanan darah sebagaiman tema kegiatan ini. Medikasi ini sekaligus sebagai media silahturohim antar masyarakat Kota Kediri.
Sambil menunggu pelayanan kesehatan, peserta Medikasi dibekali dengan ilmu pengetahuan tentang tekanan darah yang sesekali diberi selingan pengundian doorprice. “Saya atas nama pemerintah Kota Kediri memberikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap Rumah Zakat Kediri yang telah kreatif dan inovatif dalam menyelenggarakan acara peringatan hari Kesehatan Sedunia ke-65 dengan acara Medikasi” ujar sambutan Walikota Kediri dalam sambutannya.

No comments:

Post a Comment