Tuesday, April 16, 2013

Jalan Sehat dan Senam Massal, Puncak Hari Kesehatan Sedunia (Pontianak)

PONTIANAK — Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Sedunia (HKS) yang jatuh pada tanggal 7 April setiap tahunnya, Rumah Zakat mengadakan berbagai kegiatan dengan tema “Kontrollah tekanan darah Anda” sepanjang bulan April 2013. Peringatan HKS 2013 ini dilaksanakan di 29 kota di seluruh Indonesia dengan menggandeng Cita Sehat Foundation selaku pelaksana kegiatan, melalui beragam bentuk kegiatan, yang kesemuanya ditujukan untuk mengajak masyarakat agar hidup sehat dengan cara menjaga tekanan darah tetap normal. Kegiatan yang diselenggarakan meliputi aktivitas olahraga bersama (seperti jalan sehat, funbike, senam jantung sehat, dll), edukasi kesehatan (pembagian brosur/leaflet dan berbagai penyuluhan), serta kampanye di titik-titik strategis masing-masing kota untuk mengajak masyarakat berperilaku hidup sehat dan bersih.
Tema yang diambil dalam peringatan HKS ini sesuai dengan tema yang dirilis oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang juga diadopsi oleh kementrian kesehatan. Permasalahan kesehatan terkait tekanan darah, kini menjadi salah satu prioritas masalah global yang ditetapkan oleh WHO. Hal ini dikarenakan banyaknya penyakit berbahaya yang timbul akibat tekanan darah yang tinggi, seperti serangan jantung, stroke, jantung koroner dan penyakit ginjal. Di Indonesia, hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2007 menunjukkan bahwa prevalensi penyakit hipertensi pada penduduk usia 18 tahun ke atas adalah sebesar 31,7% dimana hanya 7,2% penduduk yang sudah mengetahui mengalami hipertensi dan hanya 0,4% yang meminum obat hipertensi.
Kegiatan puncak peringatan HKS 2013 oleh Rumah Zakat sendiri akan dilaksanakan pada hari Minggu, 14 April 2013 secara serentak di 29 kota, mulai dari kota-kota besar di Sumatra dan Jawa seperti Aceh, Medan, Pekanbaru, dll. hingga ke wilayah Kalimantan dan Sulawesi seperti Banjarmasin, Pontianak, Makassar, dll. Acara puncak peringatan HKS ini dilakukan dalam bentuk jalan sehat bersama, penyuluhan kesehatan, pembagian doorprize, dan pemeriksaan tekanan darah massal.
Untuk kegiatan di Pontianak dipusatkan di Gedung Olah Raga (GOR) Pangsuma. Kegiatan berlangsung dari pukul 06.30 s.d 09.00 WIB. Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama dari pihak Rumah Zakat, Yayasan Asma Indonesia Cabang Utama Kalimantan Barat dan Stikes Yarsi Pontianak. Antusias warga Pontianak yang memanfaatkan momen weekend-nya untuk berolahraga di hari Minggu pagi ini. Membuat tim Cita Sehat Foundation cabang Pontianak menggelar aksi puncak memperingati hari kesehatan sedunia di wilayah ini.
Rangkaian kegiatan yang di gelar antara lain. Di awali dengan Senam masal Asma, Jalan Sehat mengelilingi Gor Pangsuma Pontianak, di lanjutkan dengan pembagian 25 Door Prise, konsultasi kesehatan secara gratis pengukuran tekanan darah massal, dan pemeriksaan gula darah, asam urat serta kolestrol semua itu dapat di akses semua warga kota Pontianak yang memanfaatkan hari liburnya untuk berolahraga di kawasan Gor pangsuma secara GRATIS. (14/4).
“Selain itu tim kita juga menggelar kampanye memperingati hari Kesehatan Sedunia Ke 65 dengan membagikan leaflet bahaya merokok, leaflet Hipertensi dan memegang poster sambil jalan sehat yang di gelar di kawasan tersebut,” ucap Tri Apriyanto yang merupakan Program Head Cita Sehat Foundation Cabang Pontianak.
Jumlah tim yang turun di lapangan yaitu 15 orang perawat untuk mengukur tekanan darah, 2 orang perawat untuk mengukur gula darah dan asam urat, 1 kordinator lapangan, dan 1 driver ambulance. Meskipun jumlah tim di lapangan tidak sebanding dengan jumlah warga yang berada di GOR Pangsuma, tim medis tetap berusaha memberikan pelayanan terbaiknya di aksi ini, sempat terlihat proses antri oleh warga yang ingin mendapatkan layanan kesehatan ini secara gratis. Alhamdulillah hingga akhir acara semua warga yang mengantri dapat di layani dengan baik.

No comments:

Post a Comment